PROPOSAL

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Upaya mencerdasan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat memerlukan berbagai komponen pendukung. Salah satu komponen tersebut yaitu pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang andal dan profesional. Untuk mewujudkan cita-cita luhur itu, Pemerintah menetapkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada Pasal 2 dalam undang-undang tersebut diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Peningkatkan mutu pendidikan di Indonesia baik pendidikan dasar maupun pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan telah lama dilakukan. Inovasi dalam program pendidikan seperti penyempurnaan dan pembenahan isi kurikulum, pengadaan buku/bahan ajar, peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa, penyediaan sarana belajar, pada umumnya belum mampu meningkatkan citra kualitas pendidikan di Indonesia.
Selain itu, pelayanan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dinilai oleh banyak kalangan masih belum merata. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak usia sekolah yang sulit untuk mengakses layanan pendidikan yang layak. Dampak dari kondisi tersebut adalah tidak meratanya kualitas pendidikan, sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan pembangunan terutama dalam penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas.
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu adanya upaya peningkatan kualitas pendidik khusunya di Kabupaten Lombok Timur yang inisiatifnya berasal dari motivasi  internal pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan tersebut adalah adanya upaya Peningkatan Karier PTK Guru Bahasa Indonesia Melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas  yang dimotori oleh MGMP Bahasa Indonesia SMP ZONE V Kabupaten Lombok Timur. Dengan kegiatan tersebut diharapkan guru dapat mengatasi dan menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi secara nyata dan mempunyai komitmen yang tinggi terhadap tugas-tugas keguruan yang ditunjukkan dengan sikap selalu ingin menjalankan tugas pembelajaran dengan baik dan maksimal demi keberhasilan dan kesuksesan anak didik.
Selama ini kami mendanai kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  secara mandiri, dari iuran anggota dan sedikit mendapatkan bantuan dari sekolah induk anggota yang berupa uang transport. Namun, dari hasil kerja, kami masih terus memerlukan tindakan revisi terhadap standar proses pembelajaran yang sejalan dengan munculnya hal-hal baru yang harus diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  terus berharap untuk mendapatkan bantuan dana (block grant) tahun 2013.
Kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain pengembangan silabus, pengembangan RPP, penilaian, serta mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan substansi materi pokok. Bila kami mendapatkan dana block grant tahun 2013, kami akan memanfaatkannya secara maksimal untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Lombok Timur Zona V.

B.     Dasar Hukum
1. Undang-undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Pendanaan Pendidikan;
4. Peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2008 tentang Guru;
5. Permenegpan RB nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan angka kreditnya;
6. Permendinas nomor 36 tahun 2010 tentang organisasi dan tata kerja kemdiknas

C. Tujuan
Pelaksanaan kegiatan MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  ini bertujuan untuk :
1.    Tujuan Umum
Program ini bertujuan untuk meningkatkan profeisonalitas MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  melalui pemberdayaan kapasitas MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan melaksanakan kegiatan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

2.    Tujuan Khusus
a.   Memahami berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalis guru;
b.   Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan;
c.   Meningkatkan wawasan dan motivasi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 );
d.   Meningkatkan kemampuan guru  dalam merancang metode, media dan bahan ajar  yang efektif dan komunikatif;
e.   Memotivasi guru untuk mengembangkan kemampuan dalam mencari berbagai inovasi   melalui penelitian tindakan kelas;
f.    Memberikan wawasan tentang konsep Penilaian Kinerja Guru (PKG), lesson study, pendidikan karakter dan budaya bangsa, serta penerapannya.

  D.    Hasil Yang Diharapkan
1.    Adanya peningkatan pemahaman berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalis guru;
2.    Adanya peningkatan kompetensi guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan;
3.      Adanya peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 );
4.      Adanya peningkatan kualitas guru dalam merancang metode, media dan bahan ajar  yang efektif dan komunikatif;
5.      Adanya peningkatan motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas.
6. Adanya peningkatan pemahaman guru tentang PKG, lesson study, dan pendidikan karakter & budaya bangsa


  E.     Sasaran
Sasaran kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  ini adalah peningkatan kompetensi guru dalam hal kualitas proses pembelajaran. Sedangkan sasaran peserta yaitu Guru SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur  mata pelajaran  Bahasa Indonesia dengan karakteristik :
·                Latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu;
·                Kondisi sekolah tempat guru bertugas rata-rata berdekatan dan mudah  dijangkau;
·                Memiliki komitmen untuk mau dan mampu bekerja demi perubahan ke arah yang lebih baik.
Peserta MGMP Zona V Kab. Lombok Timur berjumlah 39 orang. (terlampir)

   F.   Manfaat
1.    Meningkatnya pemahaman berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalis guru;
2.    Meningkatnya kompetensi guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan;
3.    Meningkatnya kompetensi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007);
4.    Meingkatnya kualitas guru dalam merancang metode, media dan bahan ajar  yang efektif dan komunikatif;
5.    Meningkatnya motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas;
6.    Meningkatnya pemahaman guru tentang PKG, lesson study, dan pendidikan karakter & budaya bangsa.

BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM

A. Laporan Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan yang terkait dengan KTSP dan standar proses pembelajaran secara menyeluruh. Kegiatan yang dilaksanakan secara aktif sejak tahun 2012  ini di pusatkan  di SMP Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dengan alasan lokasi sekolah ini cukup mudah diakses dan diikuti oleh semua peserta. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan alasan masih perlunya penyebaran informasi tentang pemantapan KTSP bagi peserta. Untuk pemantapan itulah kami mengundang  nara sumber yang kompeten dibidangnya.
Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan proposal yaitu menekankan pada peningkatan hasil evaluasi tahun satu tahun berjalan. Adapun permasalahan yang muncul adalah masih rendahnya kompetensi yang dimiliki lulusan untuk bersaing pada jenjang pendidikan berikutnya. Sementara itu upaya pemecahan masalah dilakukan adalah berusaha memperbaiki proses pembelajaran di kelas agar siswa betul-betul memiliki kompetensi sesuai dengan target yang harus dicapai. Pada sisi lain implementasi kegiatan berjalan dengan baik, sedangkan hasil aktivitas kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran juga sudah berjalan dengan baik.

B. Strategi dan Metode Pelaksanaan Program
Pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia di Zona V Kabupaten Lombok Timur berjalan dengan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggota sudah pernah memperolehnya (desiminasi).
Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan produk yang berkaitan dengan pemantapan KTSP bagi seluruh anggota.
Sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur   selama satu tahun terakhir, berikut ini kami sertakan data administrasi, penggunaan dana/keuangan, dan bukti pelaporan. Data pendukung sebagai bukti tersebut dapat dilihat pada lampiran yang ada.

C. Sistem Dokumentasi Kegiatan/Pelaporan
Setiap kali mengadakan kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP  Zona V Kabupaten Lombok Timur dilaksanakan, pelaksanaan dokumentasi  sesuai dengan proses pelaksanaan kegiatan.
Sebagai pertangungjawaban terhadap terlaksananya kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP  Zona V Kabupaten Lombok Timur, seluruh kegiatan mulai dari presensi/absensi, kontribusi anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan serta narasumber yang mengampu, dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan MGMP.
Khusus mengenai pertanggungjawaban keuangan dicatat/dibukukan dalam bentuk kas dana masuk dan dana keluar. Seluruh penggunaan keuangan MGMP digunakan secara transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh pembina MGMP. Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari laporan seluruh kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur. 

D.  Kualitas Program/Kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur Tahun 2012/2013
  
      Program Semester Ganjil
No
Kegiatan
Hasil yang dicapai
Ket
Pada Th. 2012/2013
1
MGMP

-Sosialisai KTSP
- Paham dan mampu


  menyusun KTSP







-  Pembuatan perangkat
-  Dapat membuat dan

pembelajaran :
memiliki perangkat

a. Program Tahunan
pembelajaran (Prota,

b. Program Semester
Promes, Silabus,

c. Silabus
Pemetaan, RPP).

d. Pemetaan

e. RPP



- Penyusunan soal semester
- Dapat menyusun soal

ganjil (Kisi-kisi soal,        Analisis Penilaian).
semester ganjil (Kisi-kisi soal, Analisis, penilaian).




-Pengembangan Media
- Dapat mengembangkan

Pembelajaran
media pembelajaran


2
Pelatihan Penggunaan Media
- Dapat menggunakan

Pembelajaran
media pembelajaran




Program Semester Genap
No
Kegiatan
Hasil yang dicapai
Ket
Th. 2012/2013
1
MGMP

- Pengembangan KTSP
- Paham dan mampu


   menyusun KTSP







-  Pembuatan perangkat
-  Dapat membuat dan

pembelajaran :
memiliki perangkat

a. Program Tahunan
pembelajaran (Prota,

b. Program Semester
Promes, Silabus,

c. Silabus
Pemetaan, RPP).

d. Pemetaan

e. RPP



- Penyusunan soal semester
- Dapat menyusun soal

ganjil (Kisi-kisi soal,     Analisis Penilaian).
semester ganjil (Kisi-kisi soal, Analisis, penilaian).






-  Pembuatan bahan ajar  (LKS)
- Dapat membuat dan
  Memiliki bahan ajar yang dipakai disekolah

-Pengembangan Media

- Dapat mengembangkan

Pembelajaran
media pembelajaran


2
Pelatihan Penggunaan Media
- Dapat menggunakan

Pembelajaran
media pembelajaran





Pertemuan rutin MGMP Bahasa Indonesia di Zona V Kabupaten Lombok Timur paling lama dua bulan sekali. Namun, jika dipandang perlu dengan kesepakatan bersama, pertemuan diadakan sebulan sekali.
Terkait dengan partisipasi peserta kegiatan, dapat dikatakan 99% anggota MGMP Bahasa Indonesia di Zona V Kabupaten Lombok Timur berperan aktif dalam kegiatan. Partisipasi kehadiran peserta ini ditunjukkan dengan bukti daftar hadir sebagaimana terlampir.
Pelaksanaan kegiatan selama ini menunjukkan kualitas yang cukup tinggi. Hal ini nampak dari realitas sangat antusiasnya peserta dalam menyikapi informasi baru serta tingginya keinginan untuk merealisasikan sebuah produk pembelajaran. Kualitas pelaksanaan yang demikian ini disebabkan faktor-faktor antara lain kurangnya kesempatan pelatihan ke luar daerah, kurangnya informasi, tingginya tuntutan untuk melakukan berbagai pembaharuan, sehingga untuk itu implementasi hasil-hasil kegiatan kolektif guru di tingkat kelas selama ini perlu terus ditingkatkan.


E. Gambaran Alasan Pelaksanaan Program
Secara umum, pelaksanaan program kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur cukup relevan dengan peningkatan mutu guru. Hal ini terlihat dari munculnya keinginan guru untuk mengadakan pembaharuan dalam proses pembelajaran. Misalnya dalam hal perencanaan, guru tidak lagi mengandalkan program copy paste dari internet, tetapi sudah berusaha menyusun sesuai dengan situasi sekolah masing-masing.

F. Tempat Pelaksanan
Sekretariat MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur dengan alamat : SMP Negeri 2 Aikmel Desa Lenek Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Telpon 0376-2924013.

G.   Anggaran Biaya

Pembiayaan Kegiatan MGMP Tahun sebelumnya
No
Uraian dana Masuk
Uraian Penggunaan Dana
1
Kontribusi Sekolah Induk
Rp.
        2,500,000
ATK
Rp.
         325,000
2
Iuaran Anggota Rp. 25.000,- x 38 peserta x 6
Rp.
        5,700,000
Pembuatan Perangkat




Pembelajaran ( Promes,





Prota, RPP, Silabus, Analisis






Pemetaan, dsb).
Rp.
         350,000
3



Penggandaan Perangkat
Rp.
         950,000




Pembelajaran @ Rp.25.000 x 38


4



Konsumsi 3 x 38 x Rp. 15.000
Rp.
      1,710,000
5



Pembuatan LKS




@Rp. 250.000/jenjang
Rp.
         750,000
6



Pembuatan sertifikat






MGMP @ Rp. 7.500 x 38 peserta
Rp.
         285,000
7



Transport Peserta 38 peserta
Rp.
      2,280,000




x @ Rp. 20.000,- x 3 hari


8



Honor Kepanitiaan
Rp.
      1,100,000






9



Pelaporan dan dokumentasi
Rp.
         450,000

Jumlah
Rp.
        8,200,000

Rp.
      8,200,000







BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

A. Penyusunan Perencanaan Kegiatan Kelompok Kerja
Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP  Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur   menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera dengan fasilitator yang sudah pakar; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar dengan atau tanpa pakar. Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan perbaikan proses pembelajaran yang  sesuaikan dengan standar proses.

B. Strategi dan Metode Rencana Pelaksanaan Program
Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur  menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.

C. Materi Kegiatan
 Materi kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur   yang didanai oleh blockgrant ini direncanakan sebagai berikut:
1.      Kebijakan Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Timur
2.      Konsep dan Implentasi Kurikulum 2013
3.      Penyusunan Bahan ajar dan LKS
4.      Penilaian Kinerja Guru
5.      Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
6.      Lesson Study, Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa
7.      Media Interaktif ( pembelajaran multimedia )

D. STRATEGI

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimtek atau workshop peningkatan karier PTK SMP ini, antara lain: ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming, role playing, kerja kelompok, simulasi, peragaan, eksperimen, studi dokumen, presentasi, dan metode lain yang relevan.

E. NARASUMBER/FASILITATOR

Adapun narasumber yang diminta untuk memberikan bimbingan dalam kegiatan ini   adalah unsur Dinas Dipora Kabupaten Lombok Timur terdiri dari pengawas, guru inti, widya iswara LPMP, dan Ahli dari Akademisi.

F. PESERTA

Peserta bimbingan teknis dan atau workshop pengembangan karier guru SMP yang akan dilaksanakan oleh MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kab. Lotim terdiri dari 49 guru yang berasal dari SMP negeri dan swasta di wilayah Zona V Kab. Lombok Timur.

G. Waktu/Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

NO
Hari,
Tanggal
MATA BIMBINGAN TEKNIS/WORKSHOP
JAM
1
Sabtu,
14  September 2013
 Pengenalan Kurikulum 2013
5

Paparan Pengembangan Karier PTK SMP, yang meliputi: Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif
5
2
Sabtu,
21 September 2013
Penyusunan proposal PTK
10
3
Sabtu,
28 September 2013
Praktek Penyusunan proposal PTK
10
4
Sabtu,
5 Oktober 2013
Pengembangan diri : Menulis Kreatif Sastra : prosa fiksi
10
5
Sabtu,
12 Oktober 2013
Pengembangan diri :
Penulisan Puisi dan Naskah drama
10
6
Sabtu,
19 Oktober 2013
Pengembangan diri
Praktrek Penulisan Kreatif Prosa
10
7
26 Oktober 2013
Penulisan Publikasi Ilmiah:
Penulisan Hasil Penelitian
10
8
Sabtu,
2 Novemver 2013
Praktek Penulisan Publikasi Ilmiah : Penulisan Hasil Penelitian
10

Jumlah

80



H. Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur   dilaksanakan secara tetap di SMP Negeri 2 Aikmel kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.
     Alamat: Jalan Ramban Biak No. 23 Lenek  Telpon 0376-2924013
I. Rencana Pemantauan  dan Evaluasi Pelaksanaan Program
Untuk menjaga dan menjamin pelaksanaan kegiatan akan dilakukan monitoring dan evaluasi (ME) oleh Dirjend P2TK Dikdas. ME akan dilaksanakan sejak dimulainya persiapan kegiatan, saat kegiatan sedang berlangsung, dan pada akhir kegiatan.

J. Rencana Pelaporan
Sejalan dengan perencanaan ME, akan dibuatkan laporan secara bertahap, mulai dari persiapan sampai dengan laporan akhir kegiatan. Laporan meliputi pelaksanaan kegiatan, hasil-hasil kegiatan, dan laporan penggunaan dana.

K. Rencana Anggaran Belanja (RAB)
Pembiayaan kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur   ini menggunakan dana bantuan block grant dengan jumlah dana Rp. 28.000.000,- (Dua puluh delapan juta rupiah). 
Adapun dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan sesuai program dengan rincian anggaran biaya yang sudah dibuat.

RENCANA ANGGARAN BIAYA ( RAB )
PENGEMBANGAN KARIR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
MGMP BAHASA INDONESIA SMP ZONA V KABUPATEN LOMBOK TIMUR
TAHUN 2012
No
Kegiatan
Volume
 Satuan
 Jumlah
 ( Rp.)
 ( Rp.)
1
Pesiapan




Rapat Persiapan




a. Pebuatan proposal
4
1
                75,000
                    300,000
b. Konsumsi rapat
5
3
                20,000
                    300,000
c. Transport panitia
5
3
                50,000
                    750,000
Bahan




a. ATK
1
1
              400,000
                    400,000
b. Materai
6
1
                  6,000
                      36,000
c. Foto copy proposal dan bendel
3
1
                25,000
                      75,000
Jumlah 1



              1,861,000
2
Pelaksanaan




a. Spanduk
2
1
              125,000
                    250,000
b. Sewa meja kursi
38
4
                  2,000
                    304,000
c. Sewa sound sistem
1
4
                50,000
                    200,000
d. ATK/Penggandaan materi/CD
40
1
                75,000
                 3,000,000
e. Transport peserta
38
4
                50,000
                 7,600,000
f. Transport panitia
5
4
                75,000
                 1,500,000
g. Transport narasumber
3
4
              100,000
                 1,200,000
h. Honorarium narasumber
3
4
              450,000
                 5,400,000
i. Honorarium pengarah
1
1
              300,000
                    300,000
j. Konsumsi
38
4
                20,000
                 3,040,000
k. Kebersihan
1
4
                75,000
                    300,000
l. Sertifikat
38
1
                  5,000
                    190,000
m. Dokumentasi
1
1
              150,000
                    150,000
n. Publikasi hasil kegiatan
1
1
              500,000
                    500,000
o. ID Card
38
1
                  9,000
                    342,000
Jumlah 2



           24,276,000
3
Pelaporan




a. Pembuatan laporan
4
1
                75,000
                    300,000
b. Transport pengiriman laporan
2
1
              150,000
                    300,000
c. ATK
1
1
              150,000
                    150,000
d. Dokumentasi/cetak photo
1
1
              163,000
                    163,000
e. Konsumsi penyusunan laporan
5
2
                20,000
                    200,000
f. Transport penyusun laporan
5
3
                50,000
                    750,000
Jumlah 3



              1,863,000

Jumlah 1 + 2 + 3



           28,000,000










BAB IV
PENUTUP

Dunia pendidikan tidak akan pernah sepi dari berbagai pembaharuan karena ia memiliki sifat dinamis. Pendidikan memang dituntut untuk selalu berubah ke arah yang lebih baik dan mampu beradaptasi. Untuk itulah MGMP diciptakan agar senantiasa muncul insan pendidik yang mampu melakukan pembaharuan. Berdasarkan konsep itu pula lah proposal ini kami susun dan kami ajukan.
Demikianlah proposal ini kami susun, dengan harapan mendapat prioritas dalam realisasinya demi kelancaran kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur  .




1 komentar: