BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Upaya mencerdasan
kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat memerlukan berbagai
komponen pendukung. Salah satu komponen tersebut yaitu pendidik dan tenaga
kependidikan (PTK) yang andal dan profesional. Untuk mewujudkan cita-cita luhur
itu, Pemerintah menetapkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada Pasal 2 dalam undang-undang tersebut
diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Peningkatkan mutu pendidikan di
Indonesia baik pendidikan dasar maupun pendidikan menengah umum dan pendidikan
menengah kejuruan telah lama dilakukan. Inovasi dalam program pendidikan
seperti penyempurnaan dan pembenahan isi kurikulum, pengadaan buku/bahan ajar,
peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa, penyediaan
sarana belajar, pada umumnya belum mampu meningkatkan citra kualitas pendidikan
di Indonesia.
Selain itu, pelayanan pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar dinilai oleh banyak kalangan masih belum merata. Hal
ini dibuktikan dengan banyaknya anak usia sekolah yang sulit untuk mengakses
layanan pendidikan yang layak. Dampak dari kondisi tersebut adalah tidak
meratanya kualitas pendidikan, sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan
pembangunan terutama dalam penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas.
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu
adanya upaya peningkatan kualitas pendidik khusunya di Kabupaten Lombok Timur
yang inisiatifnya berasal dari motivasi
internal pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri. Salah satu upaya
untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan tersebut adalah adanya
upaya Peningkatan Karier PTK Guru Bahasa
Indonesia Melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas yang dimotori oleh MGMP Bahasa Indonesia SMP ZONE V Kabupaten Lombok Timur.
Dengan kegiatan tersebut diharapkan guru dapat mengatasi dan menyelesaikan
masalah pembelajaran yang dihadapi secara nyata dan mempunyai komitmen yang
tinggi terhadap tugas-tugas keguruan yang ditunjukkan dengan sikap selalu ingin
menjalankan tugas pembelajaran dengan baik dan maksimal demi keberhasilan dan
kesuksesan anak didik.
Selama ini kami mendanai kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V
Kabupaten Lombok Timur secara mandiri, dari iuran anggota
dan sedikit mendapatkan bantuan dari sekolah induk anggota yang berupa uang
transport. Namun, dari hasil kerja, kami masih terus memerlukan tindakan revisi
terhadap standar proses pembelajaran yang sejalan dengan munculnya hal-hal baru
yang harus diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu,
kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur terus berharap untuk mendapatkan bantuan dana
(block grant) tahun 2013.
Kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten
Lombok Timur telah melaksanakan beberapa
kegiatan, antara lain pengembangan silabus, pengembangan RPP, penilaian, serta
mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan substansi materi pokok.
Bila kami mendapatkan dana block grant tahun
2013, kami akan
memanfaatkannya secara maksimal untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan
kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Lombok Timur Zona V.
B.
Dasar Hukum
1. Undang-undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen;
3. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang
Pendanaan Pendidikan;
4. Peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2008 tentang Guru;
5. Permenegpan RB nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan
Fungsional Guru dan angka kreditnya;
6. Permendinas nomor 36 tahun 2010 tentang organisasi dan
tata kerja kemdiknas
C. Tujuan
Pelaksanaan kegiatan MGMP Bahasa
Indonesia Tingkat SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur ini bertujuan untuk :
1.
Tujuan Umum
Program ini
bertujuan untuk meningkatkan profeisonalitas MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V
Kabupaten Lombok Timur melalui pemberdayaan kapasitas MGMP Bahasa
Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur
dalam
mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan melaksanakan kegiatan
penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
2.
Tujuan Khusus
a. Memahami
berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan
peningkatan profesionalis guru;
b. Meningkatkan
pengetahuan dan ketrampilan guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan;
c. Meningkatkan
wawasan dan motivasi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai
dengan standar proses pembelajaran (sesuai Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 );
d. Meningkatkan
kemampuan guru dalam merancang metode, media dan bahan ajar yang
efektif dan komunikatif;
e. Memotivasi guru
untuk mengembangkan kemampuan dalam mencari berbagai inovasi
melalui penelitian tindakan kelas;
f. Memberikan
wawasan tentang konsep Penilaian Kinerja Guru (PKG), lesson study, pendidikan
karakter dan budaya bangsa, serta penerapannya.
D. Hasil Yang
Diharapkan
1. Adanya
peningkatan pemahaman berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan
pembinaan dan peningkatan profesionalis guru;
2. Adanya
peningkatan kompetensi guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan;
3. Adanya peningkatan
kompetensi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 );
4. Adanya peningkatan kualitas guru dalam merancang
metode, media dan bahan ajar yang efektif dan komunikatif;
5. Adanya peningkatan
motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas.
6.
Adanya peningkatan
pemahaman guru tentang PKG, lesson study, dan pendidikan karakter & budaya
bangsa
E. Sasaran
Sasaran kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa
Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur
ini adalah
peningkatan kompetensi guru dalam hal kualitas proses pembelajaran. Sedangkan
sasaran peserta yaitu Guru SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan
karakteristik :
·
Latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran
yang diampu;
·
Kondisi sekolah tempat guru bertugas rata-rata berdekatan
dan mudah dijangkau;
·
Memiliki komitmen untuk mau dan mampu bekerja demi perubahan
ke arah yang lebih baik.
Peserta MGMP Zona V Kab. Lombok
Timur berjumlah 39 orang. (terlampir)
F. Manfaat
1. Meningkatnya pemahaman
berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan
peningkatan profesionalis guru;
2. Meningkatnya kompetensi guru
dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan;
3. Meningkatnya
kompetensi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007);
4. Meingkatnya kualitas guru dalam merancang
metode, media dan bahan ajar yang efektif dan komunikatif;
5. Meningkatnya
motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas;
6. Meningkatnya
pemahaman guru tentang PKG, lesson study, dan pendidikan karakter & budaya
bangsa.
BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN
PROGRAM
A. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V
Kabupaten Lombok Timur dilaksanakan
melalui kegiatan pelatihan yang terkait dengan KTSP dan standar proses
pembelajaran secara menyeluruh. Kegiatan yang dilaksanakan secara aktif sejak
tahun 2012 ini di
pusatkan di SMP Negeri 2
Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dengan alasan lokasi sekolah ini cukup mudah
diakses dan diikuti oleh semua peserta. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan
alasan masih perlunya penyebaran informasi tentang pemantapan KTSP bagi
peserta. Untuk pemantapan itulah kami mengundang nara sumber yang
kompeten dibidangnya.
Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan proposal yaitu menekankan pada
peningkatan hasil evaluasi tahun satu tahun berjalan. Adapun permasalahan yang
muncul adalah masih rendahnya kompetensi yang dimiliki lulusan untuk bersaing
pada jenjang pendidikan berikutnya. Sementara itu upaya pemecahan masalah
dilakukan adalah berusaha memperbaiki proses pembelajaran di kelas agar siswa
betul-betul memiliki kompetensi sesuai dengan target yang harus dicapai. Pada
sisi lain implementasi kegiatan berjalan dengan baik, sedangkan hasil aktivitas
kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran juga sudah berjalan dengan
baik.
B. Strategi dan
Metode Pelaksanaan Program
Pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia di Zona V
Kabupaten Lombok Timur
berjalan dengan
menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif,
diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika
menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang
ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami
konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggota sudah pernah
memperolehnya (desiminasi).
Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam
pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop
digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu,
selain untuk menghasilkan produk yang berkaitan dengan pemantapan KTSP bagi
seluruh anggota.
Sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa
Indonesia SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur
selama satu tahun terakhir, berikut ini kami sertakan data administrasi,
penggunaan dana/keuangan, dan bukti pelaporan. Data pendukung sebagai bukti
tersebut dapat dilihat pada lampiran yang ada.
C. Sistem
Dokumentasi Kegiatan/Pelaporan
Setiap kali
mengadakan kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok
Timur dilaksanakan, pelaksanaan
dokumentasi sesuai dengan proses
pelaksanaan kegiatan.
Sebagai pertangungjawaban terhadap terlaksananya kegiatan MGMP Bahasa
Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur, seluruh kegiatan mulai dari
presensi/absensi, kontribusi anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan
serta narasumber yang mengampu, dan jalannya kegiatan dicatat dalam
administrasi kegiatan MGMP.
Khusus mengenai pertanggungjawaban keuangan dicatat/dibukukan dalam bentuk
kas dana masuk dan dana keluar. Seluruh penggunaan keuangan MGMP digunakan
secara transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh
pembina MGMP. Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari laporan seluruh
kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur.
D. Kualitas Program/Kegiatan
MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur Tahun 2012/2013
Program
Semester Ganjil
No
|
Kegiatan
|
Hasil yang dicapai
|
Ket
|
Pada Th. 2012/2013
|
|||
1
|
MGMP
|
||
|
-Sosialisai KTSP
|
- Paham dan mampu
|
|
|
|
menyusun KTSP
|
|
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
- Pembuatan perangkat
|
- Dapat membuat dan
|
|
|
pembelajaran :
|
memiliki perangkat
|
|
|
a. Program Tahunan
|
pembelajaran (Prota,
|
|
|
b. Program Semester
|
Promes, Silabus,
|
|
|
c. Silabus
|
Pemetaan, RPP).
|
|
|
d. Pemetaan
|
||
|
e. RPP
|
||
|
|
||
|
- Penyusunan soal
semester
|
- Dapat menyusun soal
|
|
|
ganjil (Kisi-kisi soal, Analisis Penilaian).
|
semester ganjil (Kisi-kisi soal, Analisis,
penilaian).
|
|
|
|||
|
|
||
|
-Pengembangan Media
|
- Dapat mengembangkan
|
|
|
Pembelajaran
|
media pembelajaran
|
|
|
|
||
2
|
Pelatihan Penggunaan
Media
|
- Dapat menggunakan
|
|
|
Pembelajaran
|
media pembelajaran
|
|
|
|
|
Program
Semester Genap
No
|
Kegiatan
|
Hasil yang dicapai
|
Ket
|
Th. 2012/2013
|
|||
1
|
MGMP
|
||
|
- Pengembangan KTSP
|
- Paham dan mampu
|
|
|
|
menyusun KTSP
|
|
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
- Pembuatan perangkat
|
- Dapat membuat dan
|
|
|
pembelajaran :
|
memiliki perangkat
|
|
|
a. Program Tahunan
|
pembelajaran (Prota,
|
|
|
b. Program Semester
|
Promes, Silabus,
|
|
|
c. Silabus
|
Pemetaan, RPP).
|
|
|
d. Pemetaan
|
||
|
e. RPP
|
||
|
|
||
|
- Penyusunan soal
semester
|
- Dapat menyusun soal
|
|
|
ganjil (Kisi-kisi soal, Analisis Penilaian).
|
semester ganjil (Kisi-kisi soal, Analisis,
penilaian).
|
|
|
|
|
|
|
- Pembuatan bahan ajar
(LKS)
|
- Dapat membuat dan
Memiliki bahan ajar yang dipakai disekolah
|
|
|
-Pengembangan Media
|
- Dapat mengembangkan
|
|
|
Pembelajaran
|
media pembelajaran
|
|
|
|
||
2
|
Pelatihan Penggunaan
Media
|
- Dapat menggunakan
|
|
|
Pembelajaran
|
media pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Pertemuan rutin MGMP Bahasa Indonesia di Zona V Kabupaten
Lombok Timur paling lama dua bulan sekali. Namun, jika dipandang perlu dengan
kesepakatan bersama, pertemuan diadakan sebulan sekali.
Terkait dengan partisipasi peserta kegiatan, dapat
dikatakan 99% anggota MGMP Bahasa Indonesia di Zona V Kabupaten Lombok Timur
berperan aktif dalam kegiatan. Partisipasi kehadiran peserta ini ditunjukkan
dengan bukti daftar hadir sebagaimana terlampir.
Pelaksanaan kegiatan selama ini menunjukkan kualitas yang cukup
tinggi. Hal ini nampak
dari realitas sangat antusiasnya peserta dalam menyikapi informasi baru serta tingginya
keinginan untuk merealisasikan sebuah produk pembelajaran. Kualitas
pelaksanaan yang demikian ini disebabkan faktor-faktor antara lain kurangnya
kesempatan pelatihan ke luar daerah, kurangnya informasi, tingginya tuntutan
untuk melakukan berbagai pembaharuan, sehingga untuk itu
implementasi hasil-hasil kegiatan kolektif guru di tingkat kelas selama ini
perlu terus ditingkatkan.
E. Gambaran
Alasan Pelaksanaan Program
Secara umum, pelaksanaan program kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur cukup relevan
dengan peningkatan mutu guru. Hal ini terlihat dari munculnya keinginan guru
untuk mengadakan pembaharuan dalam proses pembelajaran. Misalnya dalam hal
perencanaan, guru tidak lagi mengandalkan program copy paste dari internet,
tetapi sudah berusaha menyusun sesuai dengan situasi sekolah masing-masing.
F. Tempat Pelaksanan
Sekretariat
MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur dengan alamat : SMP
Negeri 2 Aikmel Desa Lenek Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur Provinsi
Nusa Tenggara Barat. Telpon 0376-2924013.
G.
Anggaran Biaya
Pembiayaan Kegiatan MGMP Tahun sebelumnya
No
|
Uraian dana Masuk
|
Uraian Penggunaan Dana
|
||||
1
|
Kontribusi Sekolah
Induk
|
Rp.
|
2,500,000
|
ATK
|
Rp.
|
325,000
|
2
|
Iuaran Anggota Rp.
25.000,- x 38 peserta x 6
|
Rp.
|
5,700,000
|
Pembuatan Perangkat
|
|
|
|
|
Pembelajaran ( Promes,
|
|
|
||
|
|
|
Prota, RPP, Silabus,
Analisis
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemetaan, dsb).
|
Rp.
|
350,000
|
3
|
|
|
|
Penggandaan Perangkat
|
Rp.
|
950,000
|
|
|
|
|
Pembelajaran @
Rp.25.000 x 38
|
|
|
4
|
|
|
|
Konsumsi 3 x 38 x Rp.
15.000
|
Rp.
|
1,710,000
|
5
|
|
|
|
Pembuatan LKS
|
|
|
|
|
@Rp. 250.000/jenjang
|
Rp.
|
750,000
|
||
6
|
|
|
|
Pembuatan sertifikat
|
|
|
|
|
|
|
MGMP @ Rp. 7.500 x 38
peserta
|
Rp.
|
285,000
|
7
|
|
|
|
Transport Peserta 38
peserta
|
Rp.
|
2,280,000
|
|
|
|
|
x @ Rp. 20.000,- x 3
hari
|
|
|
8
|
|
|
|
Honor Kepanitiaan
|
Rp.
|
1,100,000
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
Pelaporan dan
dokumentasi
|
Rp.
|
450,000
|
|
Jumlah
|
Rp.
|
8,200,000
|
|
Rp.
|
8,200,000
|
BAB III
RENCANA
PELAKSANAAN PROGRAM
A. Penyusunan
Perencanaan Kegiatan Kelompok
Kerja
Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP
Zona V Kabupaten Lombok Timur
menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif,
diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika
menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera dengan fasilitator yang
sudah pakar; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami
konsep-konsep yang relatif sukar dengan atau tanpa pakar. Sementara, diskusi
digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang
belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk
merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk
menghasilkan perbaikan proses pembelajaran yang sesuaikan dengan standar proses.
B. Strategi dan Metode Rencana Pelaksanaan Program
Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V
Kabupaten Lombok Timur menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya
jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.
C. Materi
Kegiatan
Materi
kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok
Timur yang didanai oleh blockgrant ini
direncanakan sebagai berikut:
1.
Kebijakan Dinas
Dikpora Kabupaten Lombok Timur
2.
Konsep dan
Implentasi Kurikulum 2013
3.
Penyusunan
Bahan ajar dan LKS
4.
Penilaian
Kinerja Guru
5.
Penelitian
Tindakan Kelas
(PTK)
6. Lesson Study, Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa
7. Media Interaktif ( pembelajaran multimedia )
D. STRATEGI
Metode
yang digunakan dalam pelaksanaan bimtek atau workshop peningkatan karier PTK
SMP ini, antara lain: ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming, role
playing, kerja kelompok, simulasi, peragaan, eksperimen, studi dokumen,
presentasi, dan metode lain yang relevan.
E.
NARASUMBER/FASILITATOR
Adapun narasumber yang diminta untuk memberikan bimbingan dalam kegiatan
ini adalah unsur Dinas Dipora Kabupaten Lombok
Timur terdiri dari pengawas, guru inti, widya iswara LPMP, dan Ahli dari
Akademisi.
F.
PESERTA
Peserta
bimbingan teknis dan atau workshop pengembangan karier guru SMP yang akan
dilaksanakan oleh MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kab. Lotim terdiri dari 49
guru yang berasal dari SMP negeri dan swasta di wilayah Zona V Kab. Lombok
Timur.
G. Waktu/Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
NO
|
Hari,
Tanggal
|
MATA BIMBINGAN TEKNIS/WORKSHOP
|
JAM
|
1
|
Sabtu,
14 September 2013
|
Pengenalan Kurikulum 2013
|
5
|
|
Paparan
Pengembangan Karier PTK SMP, yang meliputi: Pengembangan Diri, Publikasi
Ilmiah, dan Karya Inovatif
|
5
|
|
2
|
Sabtu,
21
September 2013
|
Penyusunan
proposal PTK
|
10
|
3
|
Sabtu,
28
September 2013
|
Praktek
Penyusunan proposal PTK
|
10
|
4
|
Sabtu,
5
Oktober 2013
|
Pengembangan
diri : Menulis Kreatif Sastra : prosa fiksi
|
10
|
5
|
Sabtu,
12
Oktober 2013
|
Pengembangan
diri :
Penulisan
Puisi dan Naskah drama
|
10
|
6
|
Sabtu,
19
Oktober 2013
|
Pengembangan
diri
Praktrek
Penulisan Kreatif Prosa
|
10
|
7
|
26
Oktober 2013
|
Penulisan
Publikasi Ilmiah:
Penulisan
Hasil Penelitian
|
10
|
8
|
Sabtu,
2
Novemver 2013
|
Praktek
Penulisan Publikasi Ilmiah : Penulisan Hasil Penelitian
|
10
|
|
Jumlah
|
|
80
|
H. Tempat
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V Kabupaten Lombok Timur dilaksanakan secara tetap di SMP Negeri 2 Aikmel kabupaten Lombok Timur
Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Alamat: Jalan
Ramban Biak No. 23 Lenek Telpon
0376-2924013
I. Rencana
Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Program
Untuk menjaga dan menjamin pelaksanaan kegiatan akan dilakukan monitoring
dan evaluasi (ME) oleh Dirjend
P2TK Dikdas. ME akan dilaksanakan sejak dimulainya persiapan kegiatan, saat kegiatan
sedang berlangsung, dan pada akhir kegiatan.
J. Rencana
Pelaporan
Sejalan dengan perencanaan ME, akan dibuatkan laporan secara bertahap,
mulai dari persiapan sampai dengan laporan akhir kegiatan. Laporan meliputi
pelaksanaan kegiatan, hasil-hasil kegiatan, dan laporan penggunaan dana.
K. Rencana
Anggaran Belanja (RAB)
Pembiayaan kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Zona V
Kabupaten Lombok Timur ini menggunakan
dana bantuan block grant dengan jumlah dana Rp. 28.000.000,- (Dua puluh delapan
juta rupiah).
Adapun dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan sesuai
program dengan rincian anggaran biaya yang sudah dibuat.
RENCANA ANGGARAN BIAYA ( RAB )
|
|||||
PENGEMBANGAN KARIR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
|||||
MGMP BAHASA INDONESIA SMP ZONA V KABUPATEN LOMBOK TIMUR
|
|||||
TAHUN 2012
|
|||||
No
|
Kegiatan
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah
|
|
( Rp.)
|
( Rp.)
|
||||
1
|
Pesiapan
|
|
|
|
|
Rapat Persiapan
|
|
|
|
|
|
a. Pebuatan proposal
|
4
|
1
|
75,000
|
300,000
|
|
b. Konsumsi rapat
|
5
|
3
|
20,000
|
300,000
|
|
c. Transport panitia
|
5
|
3
|
50,000
|
750,000
|
|
Bahan
|
|
|
|
|
|
a. ATK
|
1
|
1
|
400,000
|
400,000
|
|
b. Materai
|
6
|
1
|
6,000
|
36,000
|
|
c. Foto copy proposal
dan bendel
|
3
|
1
|
25,000
|
75,000
|
|
Jumlah 1
|
|
|
|
1,861,000
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
a. Spanduk
|
2
|
1
|
125,000
|
250,000
|
|
b. Sewa meja kursi
|
38
|
4
|
2,000
|
304,000
|
|
c. Sewa sound sistem
|
1
|
4
|
50,000
|
200,000
|
|
d. ATK/Penggandaan
materi/CD
|
40
|
1
|
75,000
|
3,000,000
|
|
e. Transport peserta
|
38
|
4
|
50,000
|
7,600,000
|
|
f. Transport panitia
|
5
|
4
|
75,000
|
1,500,000
|
|
g. Transport
narasumber
|
3
|
4
|
100,000
|
1,200,000
|
|
h. Honorarium
narasumber
|
3
|
4
|
450,000
|
5,400,000
|
|
i. Honorarium pengarah
|
1
|
1
|
300,000
|
300,000
|
|
j. Konsumsi
|
38
|
4
|
20,000
|
3,040,000
|
|
k. Kebersihan
|
1
|
4
|
75,000
|
300,000
|
|
l. Sertifikat
|
38
|
1
|
5,000
|
190,000
|
|
m. Dokumentasi
|
1
|
1
|
150,000
|
150,000
|
|
n. Publikasi hasil
kegiatan
|
1
|
1
|
500,000
|
500,000
|
|
o. ID Card
|
38
|
1
|
9,000
|
342,000
|
|
Jumlah 2
|
|
|
|
24,276,000
|
|
3
|
Pelaporan
|
|
|
|
|
a. Pembuatan laporan
|
4
|
1
|
75,000
|
300,000
|
|
b. Transport
pengiriman laporan
|
2
|
1
|
150,000
|
300,000
|
|
c. ATK
|
1
|
1
|
150,000
|
150,000
|
|
d. Dokumentasi/cetak
photo
|
1
|
1
|
163,000
|
163,000
|
|
e. Konsumsi penyusunan
laporan
|
5
|
2
|
20,000
|
200,000
|
|
f. Transport penyusun
laporan
|
5
|
3
|
50,000
|
750,000
|
|
Jumlah 3
|
|
|
|
1,863,000
|
|
|
Jumlah 1 + 2 + 3
|
|
|
|
28,000,000
|
BAB IV
PENUTUP
Dunia pendidikan
tidak akan pernah sepi dari berbagai pembaharuan karena ia memiliki sifat
dinamis. Pendidikan memang dituntut untuk selalu berubah ke arah yang lebih
baik dan mampu beradaptasi. Untuk itulah MGMP diciptakan agar senantiasa muncul
insan pendidik yang mampu melakukan pembaharuan. Berdasarkan konsep itu pula
lah proposal ini kami susun dan kami ajukan.
Demikianlah proposal ini kami susun,
dengan harapan mendapat prioritas dalam realisasinya demi kelancaran kegiatan
MGMP Bahasa
Indonesia SMP di Zona V Kabupaten Lombok Timur .
semoga berkah ilmunya
BalasHapus